Minggu ke 7 #bayipinter nya Bunda

by - May 13, 2013


yiipiee .. #bayipinter berusia  5 minggu dan berukuran 2 sampai 5 mm. Jantungnya sudah dialiri darah dan kaki tanganku mulai memanjang. Tinggal 33 minggu lagi ! 


Kotrol terakhir tanggal 13 Mei 2013 tepat 7 Minggu :) 


Kali ini dikasih vitamin yang agak beda sama dokter yaitu : Osfit DHA , gambar tempat kapsulnya lucu, ada bayi bayi yang lagi tengkurep, ihh ini produsennya super duper mantap lah, memotivasi ibu hamil supaya senang nenggak kapsul vitaminnya, sambil ngebayangin bayi pinter yang tumbuh terus didalam sana .. nak, u always soo amazing, bikin banyak perubahan banget dalam hidup. :) 

Kondisi Bunda : wah, memang kemaren kemaren masih enteng yah, masih bisa ngeheran sama orang orang yang kalo hamil mual dan muntah parah, masalahnya sebelum minggu ke 7 ini , masih enteng aja bawaannya, namun setelah minggu ke tujuh masuk :) baiklah owek owekkk terus mah, malah tiap malam yang paling aktif mual dan muntahnya -_-' apa lagi kalo ayah masuk malam, rasanya makin parah nih mual, ya Alloh nak, jangan rewel dong ditinggal ayah -_-"

terus bunda juga ngalamin yang namanya sulit tidur , gak tahu kenapa, perasaan gak enak duduk, gak enak tidur, gak enak ngapa ngapain kalo jam sudah menunjukkan pukul 10 malam yang saya  ga tau solusinya apa. Sampai sekarang sulit tidur itu masih terjadi. Jam tidur mulai 12 malam - 1 pagi, subuh bangun dan maunya subuh subuh itu langsung mandi aja, badan berasa gerah banget semuanya.  aneh yah .. ckckck 

Jadi makanan apa saja yang sebaiknya DIHINDARI (tidak dikonsumsi) selama hamil:
1. Makanan mentah, baik ayam, daging, telur setengah matang, mayonaise ataupun sayuran seperti salad/lalapan, karena dapat mengandung Toksoplasmosis, Salmonella & E Coli. Sebaiknya untuk sayuran direbus dulu sebentar.

2. 
Ikan tuna, hiu, mackerel, salmon atau ikan-ikan berukuran besar yang diketahui mengandung tingkat mercuri tinggi, maksimal yang dianjurkan sebatas 12 ons perminggu. Seafood hidup di laut dangkal seperti kerang, kepiting, udang kecil & ikan bandeng.

3. 
Selain dari keju cheddar, seperti keju lunak dan dari bahan susu kambing/domba, karena mengandung Listeria, bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi janin, serta dapat menyebabkan keguguran, kelahiran premature, dan keracunan dalam darah.

4. 
Minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan teh, sebaiknya dihindari atau dibatasi karena dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga cafein mengurangi penyerapan zat besi. Batasi minum cafein 300 mg per hari atau 2 cangkir.

5. 
Zat pewarna khususnya yang blue 1, blue 2, green 3, red 3, dan yellow 6 olestra karena belum ditest secara memadai sehingga khawatir dapat berbahaya buat ibu hamil. Oh ya pemanis buatan/Sakarin pada minuman ringan juga kurang aman untuk kehamilan.

6. 
Hati hewan, karena mengandung vitamin A dalam jumlah tinggi. Meski vitamin A baik tapi yang mengonsumsi vitamin A terlalu banyak dikhawatirkan akan meningkatkan angka kejadian cacat pada bayi.

7. 
Kacang tanah. Hindari bila punya riwayat alergi.

8.  
Makanan olahan dan instan. Selama hamil saya  masih sesekali  makan mie instan, nugget, sosis dan fastfood, tapi semuanya dibatasi paling maksimal 2 kali dalam sebulan. Tidak sehat tapi tidak bisa menahannya juga :p

8. 
Durian, Nanas, Nangka, Kol? Boleh kalau hanya sebutir tapi karena masam dan mengandung gas tinggi, pada ibu hamil gerakan lambung yang lambat akan membentuk gas, sehingga mengakibatkan perut terasa kembung (dan ya itu tidak enak sama sekali).

Jadi sebenernya menu makanan hamil itu ada yang memang jangan dikonsumsi dan ada juga yang boleh dikonsumsi dengan berat hati. Dokter saya masih memperbolehkan semua makanan asalkan semuanya matang, dan balik lagi sama kita kalau memang mau ngemil jajanan kurang sehat, harus diimbangi dengan asupan yang sehatnya lebih banyak lagi


Pada minggu ke-7, bentuk luar dari embrio berkembang dengan pesat. 
Mata yang berukuran sebesar titik saat ini akan membentuk lensa mata. Lempeng telinga juga akan membentuk gelembung telinga yang berkembang membentuk bangunan-bangunan yang berfungsi untuk pendengaran dan keseimbangan. 

Rongga jantung yang hampir sempurna sudah mulai dialiri oleh darah. Sekat jantung mulai dibentuk mulai minggu ke-6 sampai minggu ke-8. Apabila terjadi gangguan pada pembentukan sekat jantung saat ini, maka bayi dapat lahir dengan kelainan jantung bawaan.


Kondisi #bayi Pinter minggu ke tujuh ini adalah dengan Pembentukan lapisan untuk kavum timpani serta tuba eustachius (bagian dari telinga) sudah mulai berkembang. Minggu ini tangkai kantung kuning telur dan tangkai penghubung bersatu membentuk tali pusat.
Permulaan dari sistim pencernaan dan sistim pernapasan mulai terbentuk. Tunas paru akan membentuk trakea dan tunas bronkialis. Tunas bronkialis akan membentuk saluran bronkus di kanan dan kiri. Otak, otot, dan tulang juga sudah memiliki bentuk awal. Plakoda hidung membentuk lubang hidung dan membentuk tonjol hidung. Tunas untuk anggota badan depan dan belakang (tangan dan kaki) sudah mulai berbentuk dayung dan semakin memanjang. Panjang embrio dari puncak kepala sampai bokong berukuran 2-5 mm, pengukuran ini lebih sering dipakai daripada pengukuran dari kepala ke tumit karena kaki embrio seringkali terlipat yang mengakibatkan sulitnya pengukuran.
#bayi Pinter , tumbuh yah sehat ya nak , we love u so much :* 

You May Also Like

0 komentar